POWER OF MINDSET

kekuatan berpikir

berpikir

Berpikir itu sederhana dan hanya butuh waktu sekejap. Namun, ia memiliki proses yang kuat dari tujuh sumber yang berbeda. Tujuh sumber itu memberikan kekuatan yang luar biasa pada proses berpikir dan menjadi referensi bagi akal yang digunakan setiap oran, entah disadari atau tidak. Sumber eksternal yang mempengaruhi proses berpikir banyak dijumpai pada sekitar kita, yakni: orang tua, keluarga, sekolah, masyarakat, teman dan media massa. Sumber ketujuh dari proses pembentukan pikiran adalah diri sendiri. Sekian sumber eksternal turut memperkuat terbentuknya pikiran. Pikiran itu kemudian membentuk keyakinan dan prinsip yang kuat. Selanjutnya kita bisa menambahkan sikap baru yang positif atau negatif. Akal menggabungkan sikap baru itu dengan data-data sebelumnya sehingga proses pembentukan pikiran semakin kuat dan mendalam. Dengan demikian, kita mampu beradaptasi dalam menghadapi dunia luar. Keampuan inilah yang menentukan kita sukses atau gagal dan bahagia atau sengsara.

Meski tampak sederhana dan lemah, pikiran itu lebih dalam dan lebih kuat daripada yang Anda bayangkan. Berpikir melahirkan pengetahuan, pemahaman, nilai, keyakinan, dan prinsip. Pikiran menjadi ttik tolak bagi tujuan dan mimpi-mimpi. Ia menjadi refrensi rasional dalam eksperimentasi, perjalanan hidup, pemaknaan serta cara memahami kebahagiaan dan kesengsaraan. Pikiran bisa jadi penyebab penyakit kejiwaan dan fisik. Pikiran bahagia membuat kita bahagia dan pikiran sengsara membuat kita sengsara. Pikiran takut membuat kita takut dan pikiran berani membuat kita berani. Socrate, berkata “Dengan pikiran, seseorang bisa menjadikan dunianya berbunga-bunga atu berduri-duri”.

Berpikir tidak memiliki batas-lintas waktu, jarak dan ruang. Pikiran memiliki kekuatan yang bisa muncul pada pagi, siang, dan sore dalam kondisi apapun. Pikiran adalah sumber pendorong perilaku, sikap dan hasil yang kita dapatkan. Pikiran dapat menjadikan Anda sebagai seorang berjiwa sehat atau sakit. Pikiran dapat membuat Anda mampu membangun tata kehidupan yang sehat atau sebaliknya. Pikiran dapat menjadikan Anda sebagai orang tua teladan atau sebaliknya. Pikiran dapat menjadikan Anda sebagai karyawan atau pimpinan yang berprestasi atau sebaliknya. Semua itu bergantung pada bagaimana Anda merencanakan tujuan dan merealisasikannya. Plato mengatakan, “Sumber setiap perilaku adalah pikiran. Dengan pikiran kita bisa maju atau mundur. Dengan pikiran kita bisa bahagia atau sengsara.”

Kenyataannya Anda, saya dan seluruh manusia dimuka bumi ini bisa menjadi seperti sekarang karena pikiran kemarin. Esok atau lusa kita akan mencapai sesuatu yang kita pikirakan hari ini. Jika Anda ingin sukses, pelajarilah kekesuksesan itu dan berpikirlah seperti orang-orang sukses. Jika Anda ingin bahagia, pelajarilah kebahagiaan dan berpikirlah seperti orang-orang bahagia. Ingat, pikiran adalah hasil pilihanmu sendiri. Sebelum Anda memilih pikiran tertentu memiliki dampak positif, mantapkanlah hingga ia menjadi pengontrol perbuatan Anda secara konsisten.

Misalnya di dunia olahraga, seorang petenis terkenal, Andre Agassi, akhirnya berhasil ditumbangkan oleh pemain baru yang belum banyak pengalaman. Para ahli menasehatinya supaya mundur karena usianya sudah lebih dari tiga puluh. Menurut mereka, ia tidak akan mampu mengalahkan pendatang baru yang masih muda, penuh semangat, energik dan dinamis. Salah rekan Andre Agassi berpesan, “Supaya Anda tetap bisa mempertahankan reputasi di benak para penggemar, Anda harus gantung raket”. Andre merasa berat menerima nasehat ini walaupun benar secara logis. Dari dalam hatinya ia mendengar bisikan ucapan, “Jangan dengarkan nasehat mereka. Mereka memberikan nasehat berdasarkan cara pandang mereka. Coba sekali lagi, tapi ubahlah cara dan pola pikir Anda.” Andre Agassi benar-benar mencoba lagi dengan cara yang baru. Ia pergi menyendiri agar bisa berpikir dengan tenang dan merencanakan masa depannya. Sebulan kemudian Andree Agassi memutuskan untuk selalu ikut dalam kejuaraan internasional samapi akhir hayatnya. Untuk itu ia menunjuk seorang psikolog dan ahli pengembangan diri. Semua orang menjadi tahu sebab kekalahan yang berkali-kali yang diterima Andre Agassi, yaitu pikiran dan keyakinannnya.

Ternyata semua pikiran Andre Agassi bersifat negatif: usia uzur, kelemahan fisik, dan psesimisme. Kepercayaannya pun negatif dan mempengaruhi persepsinya. Ketika memulai pertandingan ia yakin bahwa ia tidak akan menang. Maka, hasilnya seperti apa yang ia pikirkan dan yakini.

Andre Agassi mulai berlatih. Ia memulai perbaikan itu dari dalam dirinya dengan cara visualisasi positif. Berjam-jam ia berlatih hingga keyakinannya berubah menjadi optimis. Artinya, pikiran Andre Agassi sudah positif. Dengan digembleng latihan psikis, fisik, dan teknik, Andre Agassi mulai kembali meraih posisi sepuluh besar kelas dunia. Banyak orang angkat topi dan memperbincangkan Andre Agassi karena ia mampu menaklukkan segala rintangan, baik dari dalam maupun dari luar dirinya.

shareonline seriale

Advertisements

About jualmaskeronline

perkenalkan kami dalam blog ini menjual berbagai bentuk, warna dan ukuran masker mulut untuk pelindung dari polusi udara, selain itu juga penutup bila terkena sakit flu.. jika anda tertarik untuk memesan/ order silahkan hubungi ke no 0852 3442 8503 (as).
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to POWER OF MINDSET

  1. Ayung Sportindo says:

    Blog yang mantab..Desain Oke..Tinggal dioptimasi untuk mendatangkan Natural Visitors sehingga bisa closing sebanyak-banyaknya..Salam Hangat dan Sukses Selalu..
    Best Regards
    Jago Bikin Jaket-Kaos-Seragam Online
    http://pesanjaketonline.com/

  2. jualsketsel says:

    semoga sukses, semoga lekas kaya. karena dengan kaya anda akan lebih tenang beribadah.
    jangan lupa silaturahim, karena dengan silaturahim pintu pintu rezeki akan mudah terbuka.
    salam sukses!

    marketing UD Karya Bersama

    kunjungi: http://jualsketsel.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s